NESYA PUSPITA PUTRI

Saturday 16 May 2015

Nikah Insight


Assalamualaikum akhwat dan ikhwan yang mungkin sedang merindukan kekasih hati...
Nesya mau sharing materi seminar yang tadi Nesya ikuti. ada beberapa materi yang akan saya sampaikan :
1. Fadhilah Menikah
2. Kewajiban Istri-Suami
3. Menghadapi Ketakutan dalam Menikah
4. Menanamkan Kesiapan Mental untuk Menikah
5. Tujuan Pernikahan yang Mulia
Nesya bahas satu-satu ya... :)

Fadhilah Menikah 


1. Membuka Pintu Rezeki
Dari Abu Hurairah ra, Nabi saw bersabda : "Allah enggan untuk tidak memberi rezeki kepada hamba-Nya  yang beriman, melainkan pasti diberinya dengan cara yang tak terhingga" (HR. Al-Faryabi)
"Carilah kecukupan dalam nikah." jika engkau ingin cukup, ingin kaya, maka menikahlah. (Ibnu Mas'ud ra)
 Yakinlah ketika menikah, semua pintu rezekiterbuka lebar bagi hambanya yang sudah menikah dan berusaha menikah. Allah tidak akan pernah menyulitkan hamba-Nya yang memang beriman padanya. Begitulah janji Allah kepada hamba-Nya. Jangan pernah ragu akan janji Allah, ketika saat itu datang bersyukurlah. Rahmat dan kasih sayang Allah melimpah ruah padamu wahai hamba yang menikah.

2. Berguguran Dosa Mereka Ketika Merengkuh Tangan Pasangannya
 "Sesungguhnya ketika suami memperhatikan istrinya dan istrinya memperhatikan suaminya, "kata Nabi saw menjelaskan "Maka Allah memperhatikan mereka berdua dengan perhatian penuh Rahmat. manakaal suaminya merengkuh telapak tangannya (diremas-remas), maka berguguranlah dosa-dosa suami-istri itu dari sela-sela jemarinya." (Diriwayatkan Maisarah bin Ali dari  Ar-Rafi dari Abu Sa'id Al-Khudzri r.a)
Pernikahan yang sakinah, mawaddah warahmah. Kebahagiaan yang luar biasa tak terkira. sebuah ikatan suci yang Allah dan para malaikat saksikan menjadi tempat bergugurnya dosa. bukan hanya kenikmatan lahir dan batiniah. Tapi juga kenikmatan dengan bergugurnya dosa-dosa yang ada pada diri kita. Kebahagiaan menyentuh kekasih halal, membelainya dengan penuh kasih sayang, dan bergugurlah dosa-dosa yang pernah kita lakukan.

3. Berhak Mendapatkan Pertolongan dari Allah di Hari Kiamat

"Tiga golongan yang berhak ditolong oleh Allah :
1. orang yang berjihad/ berperang dijalan Allah
2. Budak yang menebus dirinya dari Tuannya
3. pemuda/ pemudi yang menikah karena mau menjauhkan dirinya dari yang haram" (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Hakim)
Betapa luar biasanya fadhilah bagi orang yang menikah. Bahlan Allah sudah menjanjikan peertolongan kepada 3 golongan yang salah satunya adalah pemuda/pemudi yang menikah.Krena pernikahan adalah sebuah hubungan halal, suci nan sakral yang ketika Ijab Kabul terlontarkan, malaikat pun turut mendoakan. Menikah menjadi ladang ibadah yang luar biasa suburnya. Bahkan ke

4. Pahal Berlipat Ganda ketika Menikah
"Dua rakaat yang dilakukan orang yang sudah berkeluarga lebih baik dari tujuh puluh rakaat sholat sunah yang dilakukan orang yang belum berkeluarga." (HR. Ibnu Adly dari Ibnu Hurairah)
Ketika membujang/ gadis, merasa sulit melakukan sholat fardhu bahkan sunnah, maka menikahlah. ketika Pahala Sholatmu menjadi berpuluh-puluh kali lipat ketika kita sholat bersama pasangan kita di banding sholat ketika kita masih membujang/gadis. 

5. Menggenapkan Separuh Agama Islam
 "Apabila seorang hamba telah berkeluarga, berarti dia telah menyempurnakan setengah dari agamanya maka takutlah kepada Allah terhadap setengah yang lainnya" (HR. At-Thabrani)
Pasangan hidup kita menjadi penyempurna agama kita. Walaupun kita dan pasangan kita jauh dari kata sempurna, tapi percayalah setengah agama kita berada pada pasangan kita yang akan menyempurnakan agama dan ibadah kita.


Semoga bermanfaat. :) Wassalamualaikum...

2 comments:

Eka Ikhsanudin said...

Nanti kalo Teh Nesya mau nikah.., jangan lupa undang2 saya ya ... xixixii :D

Unknown said...

heheheh masih lama pak. lulus dulu :D

Post a Comment

JANGAN LUPA KASIH KOMENTAR YAH ... ;)

 
Design by Wordpress Templates | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Comparisons